Biogenetik Alkaloid Pada Makhluk Hidup

Biogenetik merupakan suatu zat yang di hasilkan dari proses biologis organisme hidup untuk kelangsungan hidupnya. Biogenetik alkaloid ini berasal dari beberapa jenis asam amino yaitu ornitin dan lisin yang dapat membentuk turunan alkaloid alisiklik, fenilalanin dan tirosin kemudian ia menurunkan jenis alkaloid isokuinolin dan triptofan yang ditunkan lagi menjadi senyawa alkaloid jenis  indol. Biosintesis alkaloid yang paling umum terjadi melalui reaksi Mannich yang terjadi antara senyawa aldehid dan amina primer dan sekunder, serta suatu senyawa enol atau fenol. 
Pada blog ini saya akan membahas mengenai biogenetik atau biosintesis dari turunan alkaloid pada makhluk hidup.
Kafein memiliki rumus kimia C8H10N4O2, merupakan salah satu jenis dari senyawa alkaloid xantin yang termasuk golongan senyawa purin. Kafein termasuk golongan senyawa organik heterosiklik aromatik yang mempunyai cincin pirimidina dan cincin imidazola bersebelahan. Kafein ini berbentuk seperti kristal dan memiliki rasa yang pahit dan dapat dimanfaatkan sebagai perangsang psikoaktif dan obat deuretik ringan. Selain itu kafein juga dapat digunakan sebagai obat perangsang saraf pada manusia sehingga kita bisa menahan rasa kantuk.
Struktur umum kafein
Biosintesis Kafein
Kafein dalam suatu tanaman dapat disintesis dari xanthosin melalui 3 tahap N-metilasi yang dibantu dengan adanya aktivitas enzim metal transferase. 
Adanya atom nitrogen pada kafein yang berbentuk palanar menyebabkan munculnya sifat aromatik pada molekulnya. Kafein ini bisa diperoleh dari proses dekafeinasi kopi yaitu sebagai hasil samping proses dekaifeinasi yang menyebabkan kafein ini jarang disintesis. Namun, kafein ini dapat disintesis dengan menggunakan senyawa dimetilurea dan asam malonat.
Sintesis kafein dari dimetilurea
Kafein dapat kita temukan pada daun teh, biji kopi, buah koala, dan sebagainya. Pada tumbuhan, kafein ini mempunyai peran penting sebagai pestisida alami yang melindungi tanaman dari organisme penggangu seperti serangga pemakan tanaman.
Permasalahan :
1.      Sintesis kafein dari xanthosin melalui 3 tahap N-metilasi dibantu dengan adanya aktivitas enzim metal transferase. Jika tidak ada aktivitas dari enzim metal transferase, apakah proses sintesis protein dapat berlangsung?
2.      Bagaimana kafein dapat disintesis dari asam malonat?
3.      Pada tumbuhan, kafein berperan penting untuk melindungi tanaman dari organisme penggangu. Jika tidak terdapat kafein pada tanaman the atau kopi, apa yang akan terjadi?

Komentar

  1. Sesuai permasalahan anda kafein ini untuk melindungi tanaman dari organisme pengganggu, sedikit kemungkinan jika tanaman kopi dan teh tidak mengandung kafein tanaman tersebut tidak terlindungi dari organisme pengganggu. Tapi menurut saya disini jika teh dan kopi tidak mengandung kafein pasti dampak positif dan negatif dari kafein tersebut tak berdampak pada saat kita meminum teh atau kopi tersebut. Jadi jika kita meminum teh atau kopi yang tidak mengandung kafein, tidur kita tidak terganggu, tidak menyebabkan sakit kepala namun juga tidak membangun energi dan tidak meningkatkan detak jantung kita dimana itu semua merupakan dampak negatif dan positif dari teh dan kopi yang mengandung kafein.

    BalasHapus
  2. Baiklah disini saya akan mencoba menjawab permasalahan dari Vinny yaitu pada nomor 2
    Menurut pendapat saya cara kafein disintesis dari asam malonat yaitu kafein merupakan salah satu yang susah untuk diisolasi, kemudian ditemukan teina yang strukturnya sama dengan kafein dan pada akhirnya berhasil dipecahkan dan juga disintesis. Cara mensintesis ya itu belum diketahui pada jalur malonat tetapi ada yang mengatakan caranya itu disintesis kafein terlebih dahulu yang dimana kafein itu berada dalam tanaman yang disintesis dari xanthosin melalui 3 tahapan yaitu N-metilasi, dimana tahap N-metilasi ini dibantu oleh aktivitas enzim yaitu enzim metal transferase.
    Semoga membantu
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. saya Rd. Abdurrahman (A1C117015) no.1 menurut saya tidak bisa karena enzim tersebut sangat dibutuhkan oleh senyawa tersebut dalam proses sintesis untuk membentuk suatu produk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman dan Keunikan Struktur Kimia Flavonoid

Keragaman struktur kimia steroid

Potensi Pemanfaatan Steroid Untuk Makhluk Hidup