Potensi Pemanfaatan Alkaloid Untuk Makhluk Hidup

Alkaloid merupakan golongan senyawa organik yang banyak ditemukan di alam. Sebagian besarnya banyak terdapat pada tumbuh-tumbuhan tingkat tinggi. Ada yang terdapat pada tumbuhan dikotil dan ada pula yang terdapat pada tumbuhan monokotil, dan yang paling banyak terdapat tumbuhan dikotil. Senyawa alkaloid ini bersifat basa atau alkali karena strukturnya yang mengandung unsur nitrogen (N) dalam struktur molekul heterosiklik atau arimatis.
Jenis-jenis alkaloid:
Fungsi alkaloid adalah sebagai berikut:
a. Sebagai pelindung tumbuhan dari serangan hama atau parasit tumbuhan.
b. Sebagai pengatur tumbuh, dimana alkaloid ini dapat membantu proses perkecambahan menjadi cepat.
c. Alkaloid kuartener seperti berberin dan harman mampu berinteraksi dengan DNA.
d. Nikotin dapat mempengaruhi syaraf otonom dan bersifat sebagai stimulan.
e. Morfin dan kokain dapat digunakan sebagai anelgesik.
f. Piperin dapat digunakan sebagai antifeedant.
g. Saponin dapat berfungsi sebagai antibakteri.
h.Beberapa alkaloid indol seperti vinblastina, vinleusina, vinrosidina dan vinkristina bermanfaat sebagai anti tumor.
Senyawa alkaloid dapat ditemukan pada beberapa tumbuhan berikut:
1.      Tembakau

Tembakau mengandung senyawa alkaloid berupa nikotin, dimana biosintesis nikotin terjadi pada akar dan dibawa ke daun tembakau. Dalam tembakau kering kadar nikotin ini berkisar antara 0,6-3,0 %. Nikotin bermanfaat sebagai insektisida da
2.      Cokelat


Perlu diketahui ternyata cokelat yang merupakan makanan favorit kebanyakan orang ini mengandung berbagai alkaloid, seperti teobromin, anandamida dan fenetilamina. Kandungan alkaloid inilah yang membuatkita merasa lebih mood atau merasa lebih tenang setelah memakan coklat. Hal ini karena senyawa alkaloid dapat merangsang hormon serotonin didalam otak. Selain itu, juga terdapat penelitian bahwa dengan memakan cokelat secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah.
3.      Buah pare

Buah pare (Momordica charantia L.) mengandung berbagai senyawa kimia baik pada daun, buah maupun bijinya. Kandungan alkaloid terdapat pada biji pare, dimana buah ini dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk, menyembuhkan penyakit kuning, memebersihkan darah pada wanita yang melahirkan, dapat merangsang nafsu makan, serta bisa membantu melancarkan pencernaan.
4.      Kopi
Kandungan senyawa alkaloid yang terdapat dalam kopi yaitu kafein. Kafein didalam kopi dapat menyebabkan rasa candu bagi penikmat kopi. Kafein ini juga dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak dan menurunkan berat badan.
Permasalahan:
1.      Diatas dijelaskan bahwa beberapa alkaloid indol dapat berfungsi sebagai anti tumor. Bagaimana mekanisme alkaloid indol didalam tubuh sehingga bisa bermafaat sebagai anti tumor?
2.      Salah satu fungsi dari kafein adalah dapat menurunkan berat badan pada manusia. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jelaskan mekanisme yang terjadi didalam tubuh mengenai kasus tersebut!
3.      Dalam daun kelor terdapat senyawa alkaloid. Kandungan senyawa alkaloid Di dalam daun kelor ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dimana Yang kita ketahui bahwa alkaloid mempunyai sifat beracun. Adakah dampak dari daun kelor tersebut ?

Komentar

  1. (A1C117074)
    2. Karena kafein ini sendiri dapat menekan nafsu makan kita, sehingga cenderung sedikit makan. Oleh sebab itu berat badan kita dapat turun. Namun hal ini belum tentu bertahan lama. Beberapa studi juga ada yang menjelaskan bahwa kafein ini tidak mempengaruhi berat badan kita. Mungkin saja zat² lain yang terdapat dalam minuman atau makanan yang dikonsumsi.

    BalasHapus
  2. 3. menurut saya tidak ada dampak negatif karena dia berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

    BalasHapus
  3. 1. Menurut saya alkaloid indol itu sebagai anti tumor karena alkaloid indol itu mencegah tumor tersebut tersebar luas atau menjalar kebagian tubuh yg lain, menurut saya indol ini tidak menyembuhkan tumor dia hanya mencegah dan menghentikan penyebaran.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman dan Keunikan Struktur Kimia Flavonoid

Keragaman struktur kimia steroid

Potensi Pemanfaatan Steroid Untuk Makhluk Hidup