Potensi Pemanfaatan Steroid Untuk Makhluk Hidup


Steroid merupakan senyawa organik berbentuk lemak sterol yang berasal dari turunan terpen dan skualen. Steroid memiliki kerangkan dengan 17 atom karbon dengan 4 cincin yang terdiri dari satu cincin siklopentana. Turunan dari steroid terdiri dari kolesterol, ergosterol, progesterone dan estrogen. Jenis-jenis steroid ini dapat dibedakan berdasarkan gugus fungsi yang terikat pada cincin-cincin steroid dan proses oksidasi setiap cincinnya.
            Lemak sterol merupakan ciri khas dari steroid yang strukturnya merupakan turunan kolestana dan dilengkapi gugus hidroksil pada atom C-3. Terdapat jenis steroid yang bersifat anabolic yaitu berbahaya bagi manusia, seperti testosterone, metandienon, nandrolon dekanoat. Secara umum senyawa steroid mempunyai gugus fungsi alkena dan alkohol. Contohnya:

Berdasarkan struktur molekulnya, steroid dapat dibedakan dari jenis substituent R1, R2, dan R3 yang terikat pada kerangka dasar karbon.
1.      Gonane

Gonane merupakan kelompok steroid paling sederhana yang strukturnya mempunyai 17 atom karbon pada 4 cincinnya dan menyatu. Gonane juga disebut dengan sterana.
Berdasarkan strukturnya, genone ini merupakan senyawa organik yang yang tersusun dari 4 ikatan siklik.
2.      Asam kolat

Merupakan jenis senyawa asam empedu yang berperan dalam meningkatkan sekresi empedu. Asam dehidrokolat merupakan suatu asam kolat semisintetik yang berperan untuk merangsang pengeluaran empedu.  
3.      Asam desoksikolat

Senyawa ini termasuk turunan senyawa asam empedu yang berperan untuk melarutkan lemak sehingga mudah diserap oleh usus dan berperan untuk meningkatkan produksi asam empedu.
4.      Testosterone

Merupakan steroid yang berasal dari golongan androgen dan bersifat anabolik dan berperan sebagai hormone seks pada laki-laki. Selain itu, hormone testosterone juga berperan untuk meningkatkan energi, fungsi imun, perlindungan dari osteoporosis, dan memacu petumbuhan hormone adrenalin yang menyebabkan ketertarikan antar lawan jenis.
5.      Progesterone

Merupakan hormone turunan steroid yang berperan dalam perkembangbiakan makhluk hidup pada roses kehamilan dan menstruasi pada perempuan. Selain itu, pada laki-laki hormone progesterone ini juga berperan untuk merangsang produksi testosterone.
6.      Medrogestone
Mempunyai peran yang sama seperti hormone progesterone yaitu sebagai obat sintetik.
7.      β-sitosterol

senyawa ini pada tubuh bermanfaat untuk menjaga kesehatan prostat, mengendalikan kolesterol tubuh, menjaga system kekebalan, membantu menurunkan resiko kanker, mencegah diabetes dan kadar gula darah, mengurangi efek stress, menurunkan aktivitas bakteri, serta mencegah peradangan dalam tubuh. Β-sitosterol ini bisa ditemukan dalam bekatul (dedak padi), gandum, minyak jagung, kedelai, alpukat, coklat, kacang-kacangan, dan sebagainya.
  
Pada tanaman, dapat ditemukan beberapa jenis steroid berikut:
1.      Pitosterol
Merupakan jenis steroid yang mirip dengan kolesterol dan terdapat pada tanaman. Perbedaannya dengan kolesterol hanya pada rantai samping karbon dan ada tidaknya ikatan ganda. Pitosterol ini tidak larut dalam minyak namun larut dalam alkohol. Senyawa ini berperan dalam mebantu diet pada manusia.
2.      Brassinosteroids (BRs)
Merupakan kelompok polyhidroxysteroids yang dikenal sebagai hormone tanaman. Senyawa ini berperan dalam membantu pemanjangan batan dan pembelahan sel pada tanaman.

Permasalahan:
  1. β-sitosterol memiliki peran dalam membantu menurunkan resiko kanker, mencegah diabetes, mengurangi efek stress,  dan menurunkan aktivitas bakteri. Apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? dan jika pada struktur β-sitosterol pada cincin nomor 14 gugus H diganti dengan gugus OH apakah peran dari senyawa ini sebagai pencegah diabetes dan dan mengurangi efek stres akan hilang ?
  2. Testosteron merupakan hormon seks yang sangat penting bagi pria. Namun testosteron juga merupakan salah steroid yang bersifat anabolik atau berbahaya bagi tubuh. Jika dilihat dari strukturnya, gugus fungsi manakah pada testosteron yang dapat menimbulkan potensi anabolik tersebut?
  3. Pitosterol merupakan jenis steroid yang terdapat pada tumbuhan. Jika dilihat dari strukturnya mengapa pitosterol pada tanaman dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh (diet) ?


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Hallo vinni
    Saya Akan mencoba menjawab permasalahan yang nomor 3. Menurut Saya karena didalam hormon ini dapat melakukan penyerapan terhadap kolesterol yang Ada dalam usus, sehingga mengakibatkan mengurangi jumlah kolesterol yang Ada dalam tubuh, sehingga lemak jadi berkurang.
    Semoga membantu 🙏

    BalasHapus
  5. 2. Menurut saya pada struktur hormon testoteron tersebut gugus fungsi OH yang bersifat anabolik karena jika hormon tersebut direaksikan dengan suatu senyawa maka yang hanya berubah pada gugus OH nya saja sedangkan pada gugus O di cincin A tetap ada.

    BalasHapus
  6. 1. menurut saya tidak karena kita ketahui terlebih dahulu bahwa gugus OH itu merupakan senyawa Alkohol dimana alkohol itu akan mengurangi stress jadi fungsi mengurangi stress tidak hilang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman dan Keunikan Struktur Kimia Flavonoid

Keragaman struktur kimia steroid